Minggu, 18 Mei 2014

Yuk kenali diebetes melitus tipe 2 dan obatnya




 


Oke guys disini saya mau bahas tentang penyakit yang sering di derita orang Indonesia. Yeah this is Diabetes melitus. Selain deskripsi tentang penyakitnya saya juga akan kasih info tentang pencegahan dan cara pengobatannya. Tapi yang akan saya bahas disini adalah Diabetes Melitus Tipe 2.
CHEK THIS OUT--- J
Diabetes Melitus (DM) disebut juga diabetes melitus tidak tergantung insulin (non-insulin-dependent diabetes melitus/NIDDM) atau diabetes onset dewasa yaitu kelainan metabolik yang ditandai dengan kadar glukosa darah yang tinggi dalam konteks resistensi insulin dan defisiensi insulin relatif. Nah DM tipe 2 ini kebalikan dari DM tipe 1, kalo tipe 1 itu defisiensi insulin mutlak akibat rusaknya sel islet di pankreas. Gejala klasiknya antara lain haus berlebihan, sering berkemih, dan lapar terus-menerus. Diabetes tipe 2 berjumlah 90% dari seluruh kasus diabetes dan 10% sisanya terutama merupakan diabetes melitus tipe 1 dan diabetes gestasional. Kegemukan alias OBESITAS!!! diduga merupakan penyebab utama diabetes tipe 2 pada orang yang secara genetik memiliki kecenderungan penyakit ini. Hayoo ati – ati buat yang badannya gemuk yaaaa.
Diabetes tipe 2 awalnya diatasi dengan meningkatkan olahraga dan modifikasi diet. Bila kadar glukosa darah tidak turun melalui cara ini, pengobatan misalnya dengan METFORMINATAU INSULIN, mungkin diperlukan. Pasien yang menggunakan insulin harus memeriksa kadar glukosa darah secara rutin yaa J
Angka penderita diabetes selama 50 tahun terakhir meningkat pesat seiring dengan meningkatnya angka kegemukan. Tahun  2010 nih diperkirakan ada 285 juta orang mengalami penyakit ini, dibandingkan hanya ada 30 juta pasien pada tahun 1985. Komplikasi jangka panjang yang mungkin terjadi akibat kadar glukosa darah tinggi antara lain penyakit jantung, stroke, retinopati diabetes yang mempengaruhi penglihatan mata, gagal ginjal yang memerlukan dialisis, dan kurangnya sirkulasi darah di bagian tungkai yang mengharuskan dilakukannya amputasi. Komplikasi akut berupa ketoasidosis, yang merupakan salah satu ciri diabetes tipe 1, jarang terjadi. Namun pasien dapat mengalami koma hiperosmolar nonketotik.
Nah sekarang kita bahas pencegahannya. diabetes tipe 2 bisa dicegah denganpengaturan nutrisi dan olahraga yang teratur. Perubahan gaya hidup yang intensif dapat menurunkan risiko menjadi setengahnya. Manfaat berolahraga akan tetap terjadi tanpa melihat berapa berat awal seseorang ataupun berapa berat badan yang hilang. Namun, bukti manfaat akibat perubahan diet saja masih terbatas,  dengan terdapat sejumlah bukti pada diet tinggi sayuran hijau dan pembatasan konsumsi minuman mengandung gula. Buat mereka yang mengalami gangguan toleransi glukosa, diet dan olahraga saja atau dikombinasikan dengan METFORMIN atau ACARBOSE dapat menurunkan risiko terjadinya diabetes. Intervensi gaya hidup lebih efektif dibandingkan metformin.
Dan finally . bagaimanakan pengobatan pada DM??
Tersedia beberapa kelas obat anti-diabetes. Metformin umumnya dianjurkan sebagai terapi lini pertama karena terdapat sejumlah bukti bahwa obat ini menurunkan mortalitas. Obat oral kedua dari kelas yang berbeda dapat digunakan apabila metformin belum cukup.[  Kelas obat lainnya termasuk : sulfonylurea, nonsulfonylurea secretagogue, penghambat alpha glucosidase, thiazolidinedione, glucagon-like peptide-1 analog, dan penghambat dipeptidyl peptidase-4. Metformin sebaiknya tidak digunakan pada pasien dengan gangguan ginjal dan hati yang berat. Pemberian injeksi insulin dapat merupakan tambahan dari pengobatan oral atau juga digunakan tersendiri.
Umumnya sebagian besar pasien awalnya tidak butuh insulin. Apabila digunakan, insulin kerja panjang biasanya ditambahkan pada malam hari, dengan pengobatan oral tetap dilanjutkan. Dosis kemudian ditingkatkan untuk memberi pengaruh (kadar glukosa darah terkontrol). Apabila insulin yang diberikan malam hari tidak cukup, insulin yang diberikan dua kali sehari dapat memberikan kontrol yang lebih baik. Insulin yang bekerja lama, glargine dan detemir, tidak tampak lebih baik daripada neutral protamine Hagedorn insulin (NPH) tetapi mempunyai biaya pembuatan yang jauh lebih besar, seperti pada tahun 2010, yang tidak hemat biaya. Untuk pasien yang sedang hamil biasanya insulin merupakan pilihan utama.
Apapun obatnya, itu tergantung diri kita masing – masing untuk pola hidup sehat guys. Yang penting kita atur pola makan kita dan rajin olah raga J . oke sekian pembahasan tentang DM tipe 2 hope you like it dan bermanfaat buat semuanya. See u next time yaaa










1 komentar: